Disqus for sparkdigital2011

Senin, 27 Desember 2010

Segmentasi Pasar Antara ATI dan Nvidia"

Kita akan melihat performa vga di game, bukan secara teori saja. jadi yang lebih essensial buat dibahas itu apa saja isnya, vga yang mempengaruhi ke performa game..
khusus untuk seri 48 dan 98+gt200, pertimbangannya:
  • Ati dan nvidia punya pendekatan yang berbeda buat pasar game. ATI(dengan AMD sebagai atasannya) lebih ngejar pasar mid-low end segment dengan menyediakan VGA MURAH. motto mereka bisa dibilang komputer untuk semua(teknologi massal). sedangkan nvidia lebih mengejar ke brand image dan "performance crown".motto mereka, kalo bisa bikin vga super kencang, orang - orang yg mau beli produk mid-low end akan langsung percaya akan produk nvidia. Sejauh ini bisa saya bilang keduanya sama2 sukses. ATI sukses membuat vga murah dengan ukuran, watt kecil dan fiturnya bagus(HDMI with 7.1 audio BT HomTeaterPC) contohnya produk 4650,4670. nvidia juga sukses bikin vga super kencang yang efisien, juga super elegant seperti gtx260,gtx295.
  • Masalahnya ada di produk yg berada di perpotongan pasar itu tadi. simplenya,untuk vga murah lebih kencang ATI, kalau mau vga mahal dan lebih kuat nvidia. Kalo vga tengah?nah,produk tengah-tengah ini, buat ATI adalah produk hi-endnya mereka(ingat,pasar mereka "rakyat jelata").sedang buat nvidia baru produk mid-endnya(seri 9.yang manakah yg paling worth it,mengingat masing-masing punya penawaran menarik.ATI dengan dx 10.1(dengan fitur tessalation=lebih cepat menload polygon obyek yg rumit)+built in HDMI with audio,sedang nvidia menawarkan "eyecandy" physx and CUDA(ati juga katanya menjanjikan tandingan CUDA yaitu platform Stream dan sebagai tambahan konsep fusion buat mereka yang pake all-AMD hardware).
  • Masing2 punya arsitektur yg berbeda..jadi punya kelebihan dan kekuranga yang berbeda. HD 4850 mempunyai 800 SPU, 40texturing unit,16 ROPs.sedangkan 4870, sebagai tandingan 448 bitnya gtx260, bandwith di tingkatkan memakai DDR5 sedangkan nvidia 9800gtx punya 128 SPU, 64texturing unit,16 ROPs.dan gtx260 punya 192SP, 64TxturUnit, 28ROPs, dan 448bit DDR3(gtx 260 pada dasarnya adalah gtx 280 yg ditutup 2 dari total 10 blok pada corenya,sedang di GTX 216SP hanya 1 blok yg ditutup,sehingga jadi 9 blok).
selengkapnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar