Disqus for sparkdigital2011

Rabu, 29 Desember 2010

Pola Pengembangan Paragraf

Paragraf adalah kesatuan pikiran yang mengungkapkan ide pokok yang berbentuk dalam rangkaian kalimat yang berkaitan dengan bentuk (kohesi) dan makna (koherensi). Dalam paragraf terdapat suatu pola pengembangan.

Berikut ini adalah pola pengembangan pada paragraf :

  1. Paragraf definisi adalah paragraf yang menjelaskan sesuatu dengan jelas dengan konjungsi (adalah, ialah, yaitu) agar mudah dimengerti.

Contoh pengembangan paragraf definisi :

Apakah ituFPS ? FPS itu Frame-rate Per second, artinya jumlahbingkai yang di tampilkan tiap detik nya untuk membuat gambar bergerak makin tinggi suatu framrate (FPS) makin terlihat halus pergerakan gambarnya

  1. Paragraf contoh adalah paragraf yang memberikan contoh agar mudah

    dipahami.


Contoh pengembangan paragraf contoh :

Di kota – kota besar saat ini kita dapat menjumpai suatu bahasa / kata asing yang sering kita dengar di sekitar kita. Bahasa itu biasanya di gunakan oleh anak muda untuk berbicara di kelompoknya. Bahasa yang saat ini sedang ramai digunakan adalah bahasa alay yang entah dari mana datangnya bahasa tersebut. Contoh tersebut merupakan gambaran mulai menghilangnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  1. Paragraf kausal adalah paragraf yang menunjukkan hubungan sebab­a kibat dalam suatu kejadian.

Contoh pengembangan paragraf kausal :

Hujan lebat mengguyur kota jakarta. Beberapa saat kemudian air selokan dan sungai pun mulai meluap. Akhirnya, banjirpun menggenangi kota jakarta.

  1. Paragraf spasial adalah paragraf yang penulisannya berhubungan dengan tempat tertentu dan menggambarkannya.

Contoh pengembangan paragraf spasial :

Indonesia menjalani laga pertandingan perdana piala Suzuki AFF 2010 di stadion utama gelora bung karno senayan. Malam itu Bambang cs memulai laga melawan Malaysia. Saat pertandingan berlangsung Malaysia berhasil unggul terlebih dahulu sehingga membuat Indonesia tertinggal 0 – 1 yang membuat supporter Indonesia terdiam. Akan tetapi keunggulan Malaysia tidak bertahan lama karena Indonesia berhasil membalasnya. Gol Indonesia itu kembali membuat supporter bersemangat memeberikan dukungan kepada Indonesia. Pada babak ke dua Indonesia kembali mencetak gol tambahan yang membuat laga dimenangi Indonesia dengan skor 5 – 1.

  1. Paragraf perbandingan paragraf yang membandingkan sesuatu untuk menemukan perbedaan atau persamaan.

Contoh pengembangan paragraf perbandingan :

Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia banyak orang memainkan olahraga ini mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Namun seiring dengan perkembangan zaman lapangan sepak bola sudah sangat sulit untuk di temukan di kota – kota besar di Jakarta. Sehingga banyak yang beralih ke olahraga futsal. Futsal sendiri adalah olahraga yang hampir serupa dengan sepak bola hanya saja untuk olahraga futsal hanya dimainkan oleh 5 orang dalam satu tim sehingga lapangan yang digunakan pun lebih kecil dibandingkan dengan sepak bola.
selengkapnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar