Disqus for sparkdigital2011

Jumat, 25 Februari 2011

sistem perangkat komputer

=>PC (Personal Computer) adalah suatu sistem, terdiri dari banyak komponen.Beberapa komponen, seperti Windows XP, dan semua program lain, merupakan perangkat lunak. Hal-hal yang dapat dilihat dan disentuh, dan kemungkinan akan hancur jika Anda melemparkan keluar jendela, adalah perangkat keras (Hardware).

=>Tidak semua orang memiliki hardware yang sama persis. Tapi bagi anda yang memiliki PC Desktop, seperti contoh yang ditunjukkan pada Gambar dibawah, mungkin memiliki sebagian besar komponen seperti gambar dibawah. Bagi anda yang punya komputer notebook mungkin memiliki sebagian besar komponen yang sama.Hanya dalam kasus Anda komponen semua terintegrasi ke dalam satu unit portabel berukuran seperti sebuah buku.


=>Unit sistem adalah komputer yang sebenarnya, segala sesuatu yang lain disebut perangkat periferal. unit sistem komputer Anda mungkin memiliki setidaknya ,satu CD atau DVD drive, di mana Anda dapat memasukkan CD. Ada disk drive lain, yang disebut hard disk di dalam unit sistem, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.Anda tidak dapat menghapus disk itu, atau bahkan melihatnya. Tapi itu ada. Dan segala sesuatu yang saat ini "di komputer anda" sebenarnya disimpan pada hard disk.(Kita tahu ini karena tidak ada tempat lain di dalam komputer di mana Anda dapat menyimpan informasi!).


CD drive sering disebut sebagai drive dengan media removable atau drive removableuntuk jangka pendek, karena Anda dapat menghapus apapun data y6ang berada di dalam disk atau drive, dan menggantinya dengan yang lain. hard disk komputer Anda bisa menyimpan informasi setara sebanyak puluhan ribu CD, jadi jangan khawatir kehabisan ruang pada hard disk anda dalam waktu dekat. Sebagai aturan, Anda ingin menyimpan segala sesuatu yang Anda buat atau download pada hard disk Anda. CD untuk mengirim salinan file, atau untuk membuat salinan cadangan dari sistem/file penting.


=>Sistem dari Random Access Memory (RAM), seperti banyak "hal" di hard disk komputer Anda untuk menggunakannya semua pada waktu secara bersamaan. Rata-rata pengguna komputer duduk lama depan komputer, Anda mungkin akan menggunakan hanya sejumlah kecil dari semua data yang tersedia. Hal-hal yang Anda lakukan pada saat tertentu disimpan dalam memori akses acak (sering disingkat RAM , dan sering disebut hanya juga "memory"). Keuntungan menggunakan RAM untuk menyimpan apa pun yang sedang Anda kerjakan saat ini adalah RAM yang sangat cepat. Jauh lebih cepat daripada setiap disk. Maksut dari kata "cepat" diterjemahkan sedikit waktu menunggu dan lebih banyak waktu yang produktif.

Jadi jika RAM yang begitu sangat cepat, mengapa tidak meletakkan segala sesuatu di dalamnya? Mengapa harus menyimpan file ke hardisk? Jawabannya terletak pada kenyataan bahwa RAM adalah volatile. Saat setelah komputer dimatikan, baik sengaja atau dengan sengaja listrik padam, segala sesuatu dalam RAM akan hilang, secepat bola lampu akan padam bila steker ditarik. Jadi Anda tidak ingin bergantung pada RAM untuk menahan segalanya.


=>Semua informasi yang berada “di komputer anda”, disimpan pada hard diskkomputer Anda. Anda tidak pernah melihat hard disk yang sebenarnya karena disegel di dalam tempat khusus yang hampa udara dan perlu tetap seperti itu. Tidak seperti RAM, yang menguap, hard disk dapat menyimpan informasi selamanya - dengan atau tanpa listrik. Kebanyakan hard disk modern memiliki ratusan miliar kilobyte ruang penyimpanan. Yang, dalam bahasa Inggris, berarti bahwa Anda dapat membuat, menyimpan, dan mendownload file selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun tanpa menggunakan semua ruang penyimpanan yang disediakan.


Dalam hal tidak mungkin Anda dapat berhasil mengisi hard disk Anda, Windows ataupun sistem operasi lain akan mulai menampilkan sedikit pesan pada layar yang bertuliskan "low disk space atau Anda kehabisan ruang disk" . Bahkan, jika pesan yang muncul, tidak akan sampai turun sekitar 1,2GB ruang bebas. Dan 1,2GB ruang kosong adalah sama dengan sekitar 2 CD kosong.

=>Papan sirkuit utama dari sebuah komputer disebut motherboard yaitu rangkaian jalur-jalur yang menghubukan perangkat satu dengan yang lainnya, kemudian dalam rangkain motherboard terdapat, Chip utama sebuah komputer atau biasa di sebut central processing unit (CPU).



Hal ini disebut CPU karena fungsi utamanya adalah untuk memproses instruksi, mengelola arus informasi melalui sistem komputer, dan melakukan perhitungan.Sama halnya dengan jantung dan otak dari komputer dan berkomunikasi dengan perangkat output, input dan penyimpanan untuk melakukan tugas-tugas yang penting dengan fungsi komputer.

=>Input device gunanya adalah memasukan informasi ke sebuah sistem dari komputeroleh karena itu, perangkat input sangat diperlukan untuk berkomunikasi dengan komputer. Informasi dan perintah yang dikeluarkan komputer dengan cara melalui perangkat. Contoh perangkat input device adalah keyboard, mouse, modem, joystick, mikrofon, layar sentuh, scanner,kamera, dan I/O arsitektur lainnya.


=>Output Device digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer dan mendapatkan hasil dari informasi yang Anda telah masukan ke komputer, perangkat output sangat diperlukan untuk mencetak, atau ditampilkan sebagai informasi layar, dicetak di atas kertas, atau dicetak sebagai suara.


=>Power supply yaitu sebuah perangkat elektronika yang memberikan atau mensupply tenaga atau listrik bagi seluruh komponen yang berada dalam sebuah komputer sehingga semuanya berfungsi.

Referensi : google.com dan buku
selengkapnya..

4 komentar:

  1. bagus ne buat nambah ilmu tentang komputer, mau nanya ne saya kan punya PC , dimana casing CPU-nya bisa nganter arus, setiap kali saya hidupin kalo kesentuh tu CPU langsung nyetrum dah... cara naggulanginanya gimana ya??? Thanks ya

    BalasHapus
  2. caranya dengan membuat kabel grounding yaitu kabel yang disambungkan dengan mur yang langsung tersambung dengan pc kemudian sisi kabel yang 1 lagi anda pakukan ke tembok, dengan cara itu otomatis listrik yang ada pada kasing langsung terhantarkan ke tanah..


    terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

    BalasHapus
  3. hardware soundcardny g dijelasin prenk ???

    BalasHapus
  4. itu ada di output device karena soundcard secara umum sudah terintegrasi dengan motherboard tapi makasih atas masukannya akan saya perinci lagi....


    terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

    BalasHapus